Rabu, 28 November 2012

Riyadus Sholihin & Tajridus Shorih (14 Oktober 2012)

Sekilas pendengaran Al faqir dari pengajian rutin bersama Buya Yahya dengan kajian kitab Riyadus sholihin dan At-Tajridus Shorih dan diselingi dengan Fiqih Praktis Setiap Ahad pagi pukul 06.30-08.00 WIB di PONPES Al-Bahjah Sendang-Sumber Cirebon. 

Mohon maaf bila ada yang salah atau kurang.

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Ahad, 14 Oktober 2012


`Tajridus Shorih`

Dari Abi Hurairoh RA : Sesungguhnya Rasulullah Muhammad SAW bersabda : "Jika orang-orang mengetahui di dalam adzan (keutamaan adzan) dan bisa sholat di baris pertama, dan mereka tidak menemukan itu (kecuali harus diundi) untuk mendapat shaf pertama, maka mereka akan memilih itu"

# Hikmah dari Hadist ini :
* Apabila adzan itu sukarela, maka Sunnah. Dan jika dibayar, maka Wajib. Tapi yang sunnah (adzan sukarela) itu pahalanya lebih besar.
* Rasulullah medo'akan kepada Allah sebanyak 3x untuk orang yang berada di shaf yang pertama.
* Bersegeralah menuju sholat. Karena jika orang tau akan keutamaannya, seperti sholat Isya dan Shubuh, maka ia akan mendatangi sholat tersebut meski dalam keadaan merangkak.
* Dan dimanapun kita sholat baik sendiri, diutamakan untuk adzan terlebih dahulu.

`Riyadus Sholihin`

Dari Abu Hurairah r.a. pula, katanya: "Rasulullah s.a.w. bersabda:
"Janganlah engkau semua hasad-menghasad, jangan pula kicuh-mengicuh, jangan benci-membenci, jangan seteru-menyeteru dan jangan pula setengah dari engkau semua itu menjual atas jualannya orang lain. Dan jadilah hamba Allah sebagai saudara.
Seorang Muslim itu adalah saudara orang Muslim yang lain. Janganlah ia menganiaya saudaranya, jangan merendahkannya dan jangan menghinakannya - enggan memberikan pertolongan padanya. Ketaqwaan itu ada di sini - dan beliau menunjuk ke arah dadanya sampar tiga kali. Cukuplah seseorang itu menjadi orang jelek, jikalau ia menghinakan saudaranya sesama Muslimnya. Setiap orang Muslim terhadap orang Muslim yang lain itu haram darahnya, hartanya dan kehormatannya." (Riwayat Muslim)

# Hikmah dari Hadist ini :
* Ada beberapa kelakuan buruk yang diperhatikan oleh Rasulullah s.a.w. agar kita
semua menjauhinya. Di antaranya ialah :
1. Hasad. Dengan sifat dengki ini, amal kita bisa habis. Jika sudah masuk kedengkian maka agamapun bisa dipangkas (misal persaingan antara ustad dengan ustad, pedagang dengan pedagang, dll) ini adalah kesalahan manusia. Ciri orang yang terjangkit penyakit ini ialah :
- Tidak senang saudaranya mendapatkan nikmat.
- Berharap hilang nikmat tersebut dari orang tersebut.
Dan obat untuk penyakit hasud/dengki ini adalah dengan mendo'akan kebaikan kepada orang yang kita dengki, bisakah kita seperti itu?

2. Jangan saling menipu dalam jual beli. Misalnya Kami tidak ingin membeli sebuah barang, karena harganya itu mahal. Kemudian ada orang membeli dengan harga tersebut dan membuat orang lain tertarik juga. Atau dengan mengatakan pada seseorang dengan harga tinggi atau mengatakan bahwa ia telah menawar sekian, tetapi belum diberikan. Padahal sebenarnya tidak dan berbuat sedemikian itu perlu menjerumuskan orang lain agar suka membeli dengan harga tinggi itu dan ia sendiri akan menerima sebagian keuntungan dari penjualannya itu nanti. Jangan saling berbohong dala jual beli.

3. Jangan saling benci.

4. Jangan berpaling pada orang lain, tidak saling tegur sapa.

5. Menjual atas jualannya orang lain, seperti seorang pedagang yang berkata kepada seorang pembeli: "Jangan jadi beli di sana dan saya mempunyai barang yang mutunya lebih baik dan harganya lebih murah. Belilah kepada saya saja."

Penyakit-penyakit hati ini yang harus dihindari karena Jika mendapatkan penyakit hati itu, maka kita akan mudah menggunjing orang lain, memfitnah orang lain, dan menyakiti orang lain. Semoga kita dijauhkan dari penyakit tersebut... aamiin...

Wallahu a'lam bisshowab

♥ Muslimah ♥





~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Kunjungi Website Buya Yahya di www.buyayahya.org
Gabung bersama RadioQU melalui streaming di www.radioquonline.com
Gabung bersama sahabat Muslimah di Facebook https://www.facebook.com/pages/Muslimah/275415002532566

Tidak ada komentar:

Posting Komentar